Rabu, 19 Maret 2008

NAMA ANAKKU G-1 & G-2


SEPERTINYA nama itu berkesan eksperimen biologis. Namun aku terpaksa melabelkannya ala spesimen sebab si kembar anakku baru mendapat nama setelah 7 hari lahir. Rupanya, ada aturan sendiri dalam memberi nama. Namun, daripada aku memanggil dengan sebutan seadanya, kupakai saja nama yang tertera dalam label di tangan mungil anakku. Kupakai G-1 untuk putri kembar ku yang lahir pertama kali dengan berat 3,1 kg. Sementara G-2 untuk putri kembar ku yang lahir belakangan dengan berat 3,2 kg. Beda lahir (lebih tepat dilahirkan karena operasi caesar) mereka terpaut hanya 1 menit. Pilihanku tidk salah. Rupanya, itu adalah kode yang dipakai dokter RS Pondok Indah untuk label anak-anakku. Ketika iseng-iseng kutanya ke dokter keluarga apa artinya G? G adalah gemelli satu dan gemelli dua. Gemmeli adalah istilah kedokteran untuk anak kembar.

Sejatinya, terasa tidak manusiawi kalau label itu juga aku panggilkan kepada mereka. Namun untuk kepentingan pembedaan pada catatan harianku, aku melabelkan mereka sebagai G-1 dan G-2. Termasuk dalam catatan di blog ini. Tentunya Anda lebih mudah memahaminya kalau saya menyebut G-1 dan G-2 bukan?

Tidak ada komentar: